Sabtu, 09 Januari 2010

Panduan Halo Balita ( Jilid Self Help )

9 Jilid SELF HELP

Jilid-jilid yang dikelompokkan ke dalam kelompok self help ini, berisi cerita-cerita yang membantu anak untuk mempelajari keterampilan dasar, membentuk kebiasaan-kebiasaan, serta mendorong sikap mandiri.

Aku Bisa Makan Sendiri

Aku Bisa Makan Sendiri

Aku Bisa Makan Sendiri

Tujuan : Melatih anak untuk menyenangi dan mampu makan sendiri dengan berbagai macam makanan.

Isi :

  • Anak bisa makan sendiri.
  • Anak tahu tata cara makan.
  • Anak mengenal alat-alat makan dan cara penggunaannya.
  • Anak menghargai makananan

Resensi :

Ibu mengajak Sali untuk makan siang, tapi kali ini tidak disuapin, melainkan makan sendiri. Awalnya Sali bilang tidak bisa, tapi Ibu memberi semangat Sali. Selama proses makan, ada-ada saja tingkah Sali, mulai dari membuat nasi berceceran, makan sambil bicara, meniup minuman, melampar ikan, membuat suara di piring sampai tidak mau makan sayur. Ibu mengarahkan Sali dengan kata-kata yang sangat bijak, tanpa kata larangan, sehingga akhirnya Sali semangat makan sendiri.

Aku Bisa Mandi Sendiri

Aku Bisa Mandi Sendiri

Aku Bisa Mandi Sendiri

Tujuan : Melatih anak untuk menyenangi dan mampu mandi sendiri.

Isi :

  • Anak menganggap mandi sebagai kegiatan yang menyenangkan.
  • Anak bisa mandi sendiri.
  • Anak tau tata cara mandi.
  • Anak mengenal alat2 mandi dan cara penggunaannya.
  • Anak mau menggosok gigi.

Resensi :

Sali sedang belajar mandi sendiri. Sambil mandi, Sali bermain jadi Tarzan, bermain paus menyelam, jadi pelaut dan juga jadi monster. Wah seruuu ..!!! Mandinya jadi menyenangkan.

Aku Bisa Pakai Baju Sendiri

Aku Bisa Pakai Baju Sendiri

Aku Bisa Pakai Baju Sendiri

Tujuan :

  • Anak dapat memakai baju tanpa dibantu orang lain
  • Anak terdorong untuk bisa dan mau memakai baju sendiri
  • Anak terdorong untuk bisa dan mau memakai sepatu sendiri
  • Anak tahu cara memakai baju dan sepatu sendiri

Isi :

  • Anak mau memakai pakaian sendiri
  • Anak mengenal tata cara mengenakan pakaian

Resensi :

Kali ini Sali sedang belajar memakai baju sendiri. Wah, bajunya nyangkut di telinga, kancingnya susah dibuka, sepatunya kebalik …

Tapi, WOW ! Alhamdulillah semua beres. Sali sekarang bisa pakai baju dan sepatu sendiri.

Aku Berani Tidur Sendiri

Aku Berani Tidur Sendiri

Aku Berani Tidur Sendiri

Tujuan :

  • Mengajarkan kepada anak bahwa tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan, bukan terpaksa.
  • Mengajarkan kepada anak untuk melakukan aktifitas pendukung sebelum tidur, seperti cuci kaki, cuci tangan, dan gosok gigi.
  • Melatih anak untuk berani tidur sendiri.

Isi :

  • Anak menganggap tidur sebagai kegiatan yang menyenangkan.
  • Anak mau tidur sendiri.
  • Anak tidak takut tidur di kamar yang gelap.
  • Anak mau bangun pagi.
  • Anak mau merapikan tempat tidur.

Resensi :

Sali sedang asyik main kapal ketika Ibu mengajak untuk berpetualang menjadi pilot di kamar. Sebelum terbang, pilotnya diajak cuci tangan, cuci kaki dan berdoa. Beberapa saat kemudian, kapal sudah terbang jauuuhh, Sali sudah tertidur lelap .. 

Aku Bisa Merapikan Mainan Sendiri

Aku Bisa Merapikan Mainan Sendiri

Aku Bisa Merapikan Mainan Sendiri

Tujuan :

  • Melatih anak untuk selalu mengembalikan barang atau mainannya ke tempat semula setelah dipakai.
  • Membiasakan anak hidup rapi.

Isi :

  • Anak menghargai mainan yang mereka miliki.
  • Anak dapat merapikan mainan mereka

Resensi :

Selesai bermain, Ayah mengajak Sali untuk bermain sandiwara. Ayah berperan jadi si Ahli Beres-beres, sambil berdandan layaknya badut. Tak lama, Sali dan Ayah terlibat dalam permainan seru merapikan mainan.

Aku Suka Buku

Aku Suka Buku

Aku Suka Buku

Tujuan :

  • Menanamkan kecintaan anak pada ilmu pengetahuan.
  • Menumbuhkan kebiasaan gemar membaca kepada anak.
  • Mengmbangkan kemampuan bahasa, termasuk pengayaan kosakata.

Isi :

  • Anak menyenangi buku
  • Anak bisa menjaga buku agar tidak rusak

Resensi:

Sali senang sekali dibacakan cerita oleh Ibu, Ayah dan Kakek. Mereka sering membacakan cerita tentang Pahlawan, tentang dunia, tentang dinosaurus dan lainnya. Sali belajar merawat bukunya, dan merapikan kembali jika sudah selesai membaca.

Aku Selalu Hati-hati

Aku Selalu Hati-hati

Aku Selalu Hati-hati

Tujuan : Melatih anak agar tidak bertindak ceroboh dan memahami akibatnya jika anak bertindak ceroboh.

Isi :

  • Anak mengenal benda-benda yang membahayakan mereka
  • Anak bisa melindungi diri dari benda yang membahayakan mereka tanpa ditakut-takuti

Resensi :

Sali awalnya suka mainan pisau dan api, padahal berbahaya. Tapi itu dulu, sekarang Sali lebih hati-hati, karena Sali tahu apa akibatnya suka mainan pisau, api dan mainan listrik.

Aku Senang Keliling Kota

Aku Senang Keliling Kota

Aku Senang Keliling Kota

Tujuan :

  • Melatih anak berperilaku sesuai aturan lalu lintas (naik angkutan umum atau sebagai pejalan kaki)
  • Melatih anak berperilaku sesuai aturan di tempat perbelanjaan.

Isi:

  • Anak dapat mengenal berbagai alat atau rambu-rambu yang ditemukan di luar rumah.
  • Anak dapat menyikapi dengan tepat ketika menemui alat atau rambu lalu lintas tersebut.

Resensi :

Saliha diajak Ibu ke Supermaket naik Bus. Saliha duduk di dekat jendela , melihat pohon-pohon yang katanya sedang berlarian, sambil menghirup udara segar. Di Supermarket, karena keasyikan melihat mainan Saliha terpisah dengan Ibu. Saliha tidak malu bertanya kepada petugas yang kemudian memanggil Ibu melalui pengeras suara. Saliha senang sekali bias bertemu dengan Ibu, dan berjanji tidak akan jauh-jauh dari Ibu.

Aku Berani ke Dokter

Aku Berani ke Dokter

Aku Berani ke Dokter

Isi :

  • Anak tidak takut ke dokter.
  • Anak berani minum obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar